Enam Faktor Yang Berpengaruh Bagi Kesehatan

Kesehatan adalah harta yang tak ternilai bagi kita manusia.Tanpa tubuh yang sehat kita tak bisa melakukan aktifitas kehidupan ini secara maksimal.Coba saja kita lihat di apotik - apotik dan toko obat, betapa banyaknya orang yang membutuhkan obat untuk kesehatan mereka.Dan juga untuk mengobati penyakit.Betapa banyak orang - orang mendatangi rumah sakit,tabib,ahli terapi,maupun pengobatan alternatif untuk menyembuhkan penyakit yang bersarang di tubuh mereka.
Di zaman modern sekarang ini kita terlalu sibuk oleh aktifitas sehari - hari sehingga kita sering mengabaikan kesehatan kita.
Berikut ini akan di uraikan Faktor - faktor yang berpengaruh pada kesehatan manusia.Adapun enam faktor itu adalah :

1. Air

Dalam kehidupan ini air adalah hal vital yang sangat di buthkan oleh semua makhluk hidup termasuk kita manusia.Air adalah zat yang mendominasi tubuh kita.Kita juga di haruskan minum air 2.5 liter sehari.Sebaiknya air yang kita minum memenuhi standar kebersihannya dan juga mengandung banyak mineral yang di butuhkan tubuh kita.

2. Udara

Udara juga sangat penting bagi semua makhluk hidup.Kita bernafas dengan udara yang mengandung oksigen yang berguna sebagai alat pembakaran dalam tubuh kita.Sekarang ini tingkat pencemaran udara sudah sangat memprihatinkan bagi kehidupan.Tiap hari kita yang tinggal di kota - kota besar selalu menghirup udara yang penuh dengan polusi,asap mobil,pabrik,asap rokok,yang semuanya sangat berbahaya bagi kesehatan.

3. Olah raga

Sering kali kita tidak menyempatkan diri untuk berolah raga.Padahal olah raga sangat penting untuk melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh kita.Dan juga yang tak kalah penting adalah keringat yang di hasilkan dengan kita berolah raga.Keringat yang mengucur akan membawa toksin (racun) melalui pori - pori tubuh kita.Badan akan terasa segar sehabis olah raga.Olah raga bisa di lakukan minimal 2 kali seminggu untuk menjaga agar badan tetap fit dan bersemangat.

4. Makanan dan Minuman

Setiap hari kita membutuhkan makanan dan minuman untuk memelihara kesehatan tubuh dan organ - organ kita.Pilihlah makanan yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan.Sekarang ini banyak makanan yang siap saji yang mengandung bahan toksin yang berbahaya.seperti kolesterol,lemak jahat,dan bahan pewarna.Kita harus bisa memilih jenis makanan yang baik.

5. Emosi

Pengendalian emosi dan hidup dengan tenang tanpa beban pikiran.Setiap masalah kehidupan pasti ada jalan keluar penyelesaiannya.Sering berdoa dan pasrah pada yang Maha Kuasa serta sabar dalam menjalani kehidupan ini adalah membuat kita hidup dalam kenyamanan dan ketenangan.

6. Istirahat dan Tidur

Tidur dan istirahat sehabis bekerja berguna untuk melemaskan otot - otot kita.Dalam sehari semalam kita butuh waktu untuk tidur lebih kurang 8 jam yakni sepertiga dari waktu sehari semalam.Kita juga bekerja sehari 8 jam.Lalu waktu 8 lagi kita ngapain...???hehehe...Kata pak ustadz kita gunakan waktu itu untuk beribadah,berdoa,dan bersilaturahmi...

Semoga Bermanfaat..

0 komentar: